-->

Struktur Perulangan (Intruksi Do - While) Pemrograman C/C++

Struktur Perulangan (Intruksi Do - While)

Algoritma Pemrograman C/C++

Intruksi While

Intruksi ini dapat digunakan apabila kita belum mengetahui secara pasti berapa kali banyaknya perulangan yang akan dilakukan. Berakhirnya proses perulangan ditentukan oleh kondisi. Selama kondisi terpenuhi, maka perulangan terus dilakukan, sebaliknya apabila kondisi tidak terpenuhi maka perulangan dihentikan.

Bentuk umum pseudocode While


while <kondisi> do
           <intruksi / blok intruksi>
endwhile

Cara kerjanya
  1. Sebelum masuk ke "while loop" yang merupakan ekpresi boolean harus mempunyai nila.
  2. Jika kondisi bernilai true, maka seluruh loop dikerjakan.
  3. Cek kembali apakah kondisi true atau false. Jika nilai berkondisi true, maka tidak ada perubahan, artinya kembali mengerjakan badan loop. Jika kondisi bernilai false, maka langsung mengerjakan statement pertama sesudah loop While.
  4. Looping berhenti setelah kondisi bernilai false, sehingga harus ada statement yang mengakibatkan kondisi bernilai false. Namun, jika kondisi tetap true, terjadilah infinite true, artinya jika ada statement yang mengakibatkan kondisi bernilai false, maka terjadi infinite loop.
 Dalam bahasa C/C++ bentuk While sebagai berikut
while (condition_expr)



Intruksi Do - While

Intruksi Do - While pada dasarnya sama dengan intruksi While. Perbedaannya yang penting antara keduannya hanya terletak pada penempatan ekspresi kondisi (condition_expr). Untuk Do - While, kondisi ini diletakan pada bagian bawah. Jadi statement-statement yang didalam loop akan dikerjakan dahulu, kemudian dilakukan tes terhadap kondisi. Jadi, dapat disimpulkan bahwa paling tidak terjadi satu kali eksekusi statement yang berada pada loop Do - While. Sedangkan, jika While ketika program menemukan intruksi ini, maka program akan melakukan tes terhadap kondisinya terlebih dahulu, kemudian akan mengeksekusi statement yang berada didalam loop. Bisa saja terjadi statement yang berada dalam badan loop While tidak dikerjaan sama sekali jika nilai awal telh benar.
Bentuk umum pseudocode Do - While
do
<intruksi / blok intruksi>
while <kondisi>


 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Struktur Perulangan (Intruksi Do - While) Pemrograman C/C++"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel