-->

Program Menghitung Jarak Antara Kedua Titik Koordinat - Struktur C/C++


Studi Kasus Praktikum 5.3 (Struktur Data - Modul 5)

Sebuah titik pada bidang datar mempunyai koordinat x dan y. Kedua koordinat dijadikan field dari structure. Misal kedua titik adalah a yang berkoordinat di x1, y1 dan b yang berkoordinat di x2, y2 dengan demikian kita dapat menghitung jarak antara kedua titik tersebut dengan melalui koordinat yang tertera pada setiap titik. Adapun rumus mencari jarak titik koordinat √(x1 - x2)2 + (y1 - y2)2

#include <stdio.h>
#include <math.h>
#include <conio.h>

struct t_titik //nama struktur
{
 int x, y;  //anggota truktur
};

int main()
{ //inisialisasi variabel
 struct t_titik a, b;
 double jarak;
 
 printf ("Titik A\nKoordinat x : ");
 scanf ("%d", &a.x);  //masukan nilai 
 printf ("Koordinat y : ");
 scanf ("%d", &a.y);  //masukan nilai
 puts ("\n");
 printf ("Titik B\nKoordinat x : ");
 scanf ("%d", &b.x);  //masukan nilai
 printf ("Koordinat y : ");
 scanf ("%d", &b.y);  //masukan niai
 puts ("\n");
 
 jarak = sqrt (pow((a.x - b.x),2) + pow((a.y - b.y),2));  //proses menghitung
 getch ();
 printf ("Jarak titik A dan titik B = %lf", jarak);  //tampilan hasil
 return 0;
 
}

Hasil running

Keterangan
Program ini akan mentukan jarak dari kedua titik koordinat. Yang dimana jika menggambarkan korordinat titik A dan B, dan meyambungkan kedua titik tersebut dengan garis maka akan terlihat gambar grafik jarak pada kedua titik tersebut. Program ini akan menjawab jarak pada kedua titik tersebut.
Cara kerja program ini. Akan menggunakan fungsi struktur dengan nama t_titik didalamnya terdapat dua anggota, yaitu x dan y, yang dimana x dan y adalah sumbu x dan y, dan untuk pemanggilannya menggunakan nama anggota tersebut. Tujuannya agar menggabungkan variabel dan anggota struktur. Nilai titik A akan dimasukan dengan titik koordinat x pemanggilan a.x, kemudian titik koordinat y menggunakan a.y.  Dan untuk masukan titik B, koordinat x menggunakan b.x, dan koordiant y menggunakan b.y.
Setelah masukan koordinat akan melakukan proses perhitungan. Menggunakan operator aritmatika POW dan SQRT. Pow merupakan operator aritmatika perkalian suatu nilai dengan dirinya sendiri sebayak jumlah pemagkatnya, fungsinya adalah operator aritmatika yang biasanya pada program c++ berfungsi untuk menyingkat sebuah perkalian berulang agar lebih menghemat tempat. Sedangkan SQRT merupakan kebalikan dari pow yaitu suatu operator  aritmatika yang memiliki kemampuan untuk mencari akar dari suatu nilai/hasil bilangan berpangkat, dan fungsinya kebalikan dari pow yaitu suatu operator aritmatika yang berfungsi mencari nilai dasar suatu hasil dari perkalian berulang. Kemudian hasilnya akan ditampilkan dengan tipe data long float, dengan variabel jarak.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Program Menghitung Jarak Antara Kedua Titik Koordinat - Struktur C/C++"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel