Pengenalan Java
LAPORAN PRAKTIKUM
BAHASA PEMROGRAMAN 1 JAVA
BAHASA PEMROGRAMAN 1 JAVA
MODUL 1
“Pengenalan Java”
Diajukan untuk
memenuhi salah satu Mata Kuliah Bahasa Pemrograman 1
Disusun Oleh
Reza
Adhicahyasmara
20160910092
Sistem
Informasi 2016 C
FAKULTAS
ILMU KOMPUTER
PROGRAM
STUDI SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS
KUNINGAN
2017
|
KATA
PENGANTAR
Puji syukur penulis ucapkan atas kehadirat
Allah SWT, karena rahmat dan karunia-Nya penulis diberi kesempatan untuk
menyelesaikan Laporan Praktikum Bahasa Pemrograman 1 Java. Shalawat dan salam
kita hanturkan kepada junjungan besar Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya,
sahabatnya, beserta pengikutnya hingga akhir zaman.
Penulis menyusun
laporan ini dengan tema Pengenalan Java. Laporan ini menjelaskan tentang sejarah bahasa pemrograman java, yang tentunya akan menjelaskan pengenalan
dimulai dari aplikasi Netbeans yang digunakan untuk mengcoding java, setting
path, dan beberapa pengenalan bahasa java dengan contoh – contoh program
sederhananya.
Tidak lupa juga saya ucapkan
terima kasih kepada kedua orang tua kami masing-masing dan terima kasih kepada
dosen Bahasa Pemrograman Java 1 yaitu Dede Irawan, M.Kom yang telah membimbing penulis dalam menyusun laporan.
Penulis menyadari bahwa dalam laporan ini masih
jauh dari kata sempurna, untuk itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran
yang sifatnya membangun guna sempurnanya laporan ini.
Kuningan,
9 November 2017
Penulis.
DAFTAR
ISI
Kata Pengantar
Daftar Isi
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Landasan
Teori
1.2 Masksud dan Tujuan
BAB II PEMBAHASAN
2.1 Sejarah Netbeans
2.3 Cara setting path java
2.4 Praktikum
2.5 Latihan / Post Test
BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Landasan
Teori
Perkembangan
dunia teknologi begitu berkembang pesat terutama komputer dan perangkat lunak.
Peranan keduanya sangat berkaitan erat dan tidak dapat dipisahkan untuk
membantu kegiatan manusia dalam melakukan aktifitasnya di berbagai bidang ilmu
pengetahuan.
Pada
awal perkembangannya komputer hanya mampu mengenali dan melaksanakan perintah –
perintah sederhana yang diinputkan oleh pengguna berupa kode 0 dan 1, dimana 0
diartikan sebagai off dan 1 diartikan sebagai hidup. Sehingga para programer
terus mengembangkan komputer dengan bahasa programnya. Dimaksudkan agar dapat
mudah mempermudah dalam memprogram dengan yang dimengerti oleh manusia
1.2 Maksud dan Tujuan
- Dapat menjelaskan langkah – langkah instalasi Java dan Netbeans.
- Dapat membuat contoh program sederhana dengan menggunakan Java dan Netbeans.
BAB II
PEMBAHASAN
1.1 Sejarah Netbeans
Pengembangan NetBeans diawali dari Xelfi, sebuah proyek
mahasiswa tahun 1997 di bawah bimbingan Fakultas Matematika dan Fisika
Universitas Charles, Praha. Sebuah perusahaan kemudian dibentuk untuk proyek
tersebut dan menghasilkan versi komersial NetBeans IDE hingga kemudian dibeli
oleh Sun Microsystem pada tahun 1999. Sun kemudian menjadikan NetBeans open
source pada bulan Juni tahun 2000. Sejak itu komunitas NetBeans terus
berkembang.
Platform NetBeans
Platform NetBeans adalah framework yang dapat digunakan
kembali (reusable) untuk menyederhanakan pengembangan aplikasi desktop. Ketika
aplikasi berbasis platform NetBeans dijalankan, kelas Main dari platform
dieksekusi. Modul-modul yang tersedia ditempatkan di sebuah registry di dalam
memori, dan tugas startup modul dijalankan. Secara umum, kode modul dimuatkan
ke dalam memori hanya ketika ia diperlukan.
Aplikasi dapat menginstal modul secara dinamis. Aplikasi
dapat memasukkan modul Update Center untuk mengijinkan pengguna aplikasi
men-download digitally-signed upgrade dan fitur-fitur baru secara langsung ke
dalam aplikasi yang berjalan. Penginstalan kembali sebuah upgrade atau rilis
baru tidak memaksa pengguna untuk men-download keseluruhan aplikasi lagi.
Platform NetBeans menawarkan layanan-layanan yang umum
bagi aplikasi desktop, mengijinkan pengembang untuk fokus ke logika yang
spesifik terhadap aplikasi. Fitur-fitur yang disediakan oleh platform NetBeans:
- Manajemen antarmuka (misal: menu & toolbar)
- Manajemen pengaturan pengguna
- Manajemen penyimpanan (menyimpan dan membuka berbagai macam data)
- Manajemen jendela
- Wizard framework (mendukung dialog langkah demi langkah)
NetBeans IDE
NetBeans IDE adalah IDE open source yang ditulis
sepenuhnya dengan bahasa pemrograman Java menggunakan platform NetBeans.
NetBeans IDE mendukung pengembangan semua tipe aplikasi Java (J2SE, web, EJB,
dan aplikasi mobile). Fitur lainnya adalah sistem proyek berbasis Ant, kontrol
versi, dan refactoring.
Versi terbaru saat ini adalah NetBeans IDE 5.5.1 yang dirilis
Mei 2007 mengembangkan fitur-fitur Java EE yang sudah ada (termasuk Java
Persistence support, EJB-3 dan JAX-WS). Sementara paket tambahannya, NetBeans
Enterprise Pack mendukung pengembangan aplikasi perusahaan Java EE 5, meliputi
alat desain visual SOA, skema XML, web service dan pemodelan UML. NetBeans
C/C++ Pack mendukung proyek C/C++.
Modularitas: Semua fungsi IDE disediakan oleh
modul-modul. Tiap modul menyediakan fungsi yang didefinisikan dengan baik,
seperti dukungan untuk bahasa pemrograman Java, editing, atau dukungan bagi
CVS. NetBeans memuat semua modul yang diperlukan dalam pengembangan Java dalam
sekali download, memungkinkan pengguna untuk mulai bekerja sesegera mungkin.
Modul-modul juga mengijinkan NetBeans untuk bisa dikembangkan. Fitur-fitur
baru, seperti dukungan untuk bahasa pemrograman lain, dapat ditambahkan dengan
menginstal modul tambahan. Sebagai contoh, Sun Studio, Sun Java Studio
Enterprise, dan Sun Java Studio Creator dari Sun Microsystem semuanya berbasis
NetBeans IDE.
Lisensi
Sejak Juli 2006, NetBeans IDE dilisensikan di bawah
Common Development and Distribution License (CDDL), yaitu lisensi yang berbasis
Mozilla Public License (MPL).
Paket-Paket
Tambahan NetBeans IDE
NetBeans Mobility Pack
NetBeans Mobility Pack adalah alat untuk mengembangkan
aplikasi yang berjalan pada perangkat bergerak (mobile), umumnya telepon
seluler, tetapi juga mencakup PDA, dan lain-lain.
NetBeans Mobility Pack dapat digunakan untuk menulis,
menguji, dan debugging aplikasi untuk perangkat bergerak yang menggunakan
teknologi berplatform Java Micro Edition (platform Java ME). Paket ini
mengintegrasikan dukungan terhadap Mobile Information Device Profile (MIDP)
2.0, Connected Limited Device Configuration (CLDC) 1.1, dan Connected Device
Configuration (CDC). Emulator dari pihak ketiga dapat diintegrasikan dengan
mudah untuk lingkungan pengujian yang lebih kokoh. NetBeans Mobility Pack saat
ini tersedia dalam dua klaster yang berbeda, yang satu memuat CDC dan yang
lainnya CLDC.
NetBeans Profiler
NetBeans Profiler adalah alat untuk mengoptimalkan
aplikasi Java, membantu menemukan kebocoran memori dan mengoptimalkan
kecepatan.
Profiler ini berdasarkan sebuah proyek riset Sun
Laboratories yang dahulu bernama Jfluid. Riset tersebut mengungkap teknik
tertentu yang dapat digunakan untuk menurunkan overhead proses profiling
aplikasi Java. Salah satu dari teknik tersebut adalah instrumentas i kode byte
dinamis, yang berguna untuk profiling aplikasi Java yang besar. Dengan menggunakan
instrumentasi kode byte dinamis dan algoritma-algoritma tambahan, Netbeans
Profiler mampu mendapatkan informasi runtime aplikasi yang terlalu besar atau
kompleks bagi profiler lain. NetBeans IDE 6.0 akan mendukung Profiling Point
yang memungkinkan kita memprofilkan titik yang tepat dari eksekusi dan mengukur
waktu eksekusi.
NetBeans C/C++ Pack
NetBeans C/C++ Pack menambahkan dukungan terhadap
pengembang C/C++ ke NetBeans IDE 5.5. Paket ini memperbolehkan pengembang
menggunakan sekumpulan kompiler dan alat sendiri bersama dengan NetBeans IDE
untuk membangun aplikasi native untuk MS Windows, Linux, dan Solaris. Paket ini
membuat editor mengenali bahasa C/C++ dan menyediakan project template, browser
kelas yang dinamis, dukungan pembuatan file dan fungsionalitas debugger. Para
pengembang juga dapat mengembangkan paket tersebut dengan fungsionalitas
tambahan mereka sendiri.
NetBeans Enterprise Pack
NetBeans Enterprise Pack memperluas dukungan terhadap
pengembangan aplikasi perusahaan dan web service di NetBeans IDE 5.5.
Enterprise Pack ini mengembangkan kemampuan untuk
menulis, menguji, dan debug aplikasi dengan arsitektur berorientasi layanan
(Service-Oriented Architecture) menggunakan XML, BPEL, dan Java web service.
Paket ini menambahkan alat desain visual untuk pemodelan UML, skema XML, dan
web service orchestration, juga dukungan untuk web service dengan menggunakan
identitas yang aman. Paket ini juga menginstal dan mengkonfigurasi runtime yang
diperlukan, termasuk mesin BPEL dan server manajemen identitas yang
terintegrasi dengan Sun Java System Application Server.
NetBeans Ruby Pack
Versi NetBeans 6.0 mendatang akan mengijinkan
pengembangan IDE menggunakan Ruby dan Jruby, sebagaimana Rails untuk dua
implementasi Ruby yang lain. Preview NetBeans Ruby Pack tersedia sejak rilis
Milestone 7 NetBeans 6.
Ruby
Pack memasukkan fungsionalitas editor seperti:
- pengeditan dasar
- pewarnaan sintaks untuk Ruby
- pelengkapan kode
- occurence highlighting
- pop-up dokumentasi yang terintegrasi untuk pemanggilan Ruby API
- analisis semantik dengan highlighting parameter dan variabel lokal yang tidak terpakai
NetBeans JavaScript Editor
NetBeans JavaScript Editor menyediakan perluasan dukungan
terhadap JavaScript dan CSS. Fitur-fiturnya antara lain:
- syntax highlighting
- pelengkapan kode untuk objek dan fungsi native
- semua fitur dalam editor NetBeans
- pembuatan kerangka kelas JavaScript secara otomatis
- pembuatan pemanggilan AJAX dari template
- pelengkapan kode untuk nama-nama style
- navigasi cepat melalui panel navigator
- penampilan deklarasi aturan CSS di List View
- penampilan struktur file di Tree View
- mengurutkan outline view berdasarkan nama, tipe, atau urutan deklarasi (List & Tree)
- pembuatan deklarasi aturan (hanya Tree)
- pemfaktoran kembali sebagian nama rule (hanya Tree)
2.2 Setting Path
Java & Netbeans
Untuk setting path Java &
Netbeans sama saja karena pada saat ini NetBeans masuk dalam satu paket dalam
instalasi Java. Sehingga tidak perlu melakukan 2 kali setting path untuk
editornya.
Ikuti
langkah – langkah setting path sebagai berikut:
- Lakukan proses instalasi software NetBeans jdk-8u141-nb-8_2-windows-i586, yang sudah include NetBeans
- Setelah selesai maka langkah selanjutnya adalah setting path, buka Control Panel, pilih System and Security, lalu pilih System
- Setelah
muncul jendela System, pilih Change setting
- Kemudian
pada System Properties pilih tab Advance lalu klik Environment Variables
- Pada
Environment Variables terdiri dari 2 yaitu User dan System, jika kan mensetting
hanya untuk PC dan akun saja makan nannti setting path tersebut di User
Variables, jika ingin dapat diakses oleh beberapa akun dalam 1 PC maka setting
path di System Variables. Dikarenakan penulai hanya memiliki 1 akun di OC maka
penulis akan mensetting path di User Variables
- Klik
New, kemudian masukan variable name dengan nama PATH JAVA, variable value diisi
dengan alam path java yang ada pada system C C:\Program Files\Java\jdk1.8.0_141
- Setelah itu klik OK dan Ok lagi maka settingan pathnya telah selesai dilakukan, maka editor NetBeans untuk java dapat digunakan
2.3 Praktikum
Latihan 1
- Buka
editor NetBeans.
- Klik
pada menu File > New Project atau Ctrl + Shift + N pada keyboard
- Pada
bagian kotak dialog New Project pilih Java dan pada bagian Project pilih Java
Application, setelah itu Klik tombol Next.
- Pada
kotak dialog New Java Application, hilangkan tanda cek pada Create Main Class.
Kemudian beri nama Modul_01 pada bagian Project Location isi dengan lokasi
dimana akan menyimpan project yang akan di buat. Setelah itu klik tombol
Finish.
- Langkah
Selanjutnya, klik kanan pada Project Modul_01 di jendela Project, kemudian klik
New > Java Class
- Setelah
muncul Wizard New Java Class, beri nama Latihan_01, setelah itu klik tombol
Finish.
- Kode
Program Latihan_01 (Modul_01).
- Untuk
mengetahui hasilnya lakukan klik kanan pada halaman kerja Latihan_01.java pada
menu pop up, kemudian klik Run File.
- Amati hasilnya pada jendela pop up.
Latihan 2
- Buka file Java Class baru pada project yang sebelumnya sudah dibuat yaitu Modul_01. Kemudian beri nama Latihan_02.
- Masukan
kode program seperti berikut.
- Jalankan
programnya yang telah dibuat dan amati hasilnya.
Latihan 3
- Buka file Java Class baru pada project yang sebelumnya sudah dibuat yaitu Modul_01. Kemudian beri nama Latihan_03.
- Masukan
kode program seperti berikut.
- Jalankan
programnya yang telah dibuat dan amati hasilnya.
Latihan 4
- Buka file Java Class baru pada project yang sebelumnya sudah dibuat yaitu Modul_01. Kemudian beri nama Latihan_04.
- Masukan
kode program seperti berikut.
- Jalankan
programnya yang telah dibuat dan amati hasilnya.
2.3 Latihan / Post Test
Buatlah Project baru beri nama PostTest_01 dan didalmnya buatlah 2 buah java class masing-masing dengan nama Latihan_01.jaca dan Latihan_02.java yang digunakan untuk menampilkan biodata yang terdiri dari NIM, nama, alamat, email, dan nomor HP. Buat tampilan di Console dan JoptionPane.
Latihan_01
Buatlah Project baru beri nama PostTest_01 dan didalmnya buatlah 2 buah java class masing-masing dengan nama Latihan_01.jaca dan Latihan_02.java yang digunakan untuk menampilkan biodata yang terdiri dari NIM, nama, alamat, email, dan nomor HP. Buat tampilan di Console dan JoptionPane.
Latihan_01
import java.io.BufferedReader; import java.io.IOException; import java.io.InputStreamReader; public class Latihan_01 { public static void main (String[] args) throws IOException{ BufferedReader br= new BufferedReader (new InputStreamReader (System.in)); String NIM; String nama; String alamat; String email; String no_hp; System.out.print ("Masukan NIM : "); NIM = br.readLine(); System.out.print ("Masukan Nama: "); nama = br.readLine(); System.out.print ("Masukan Alamat : "); alamat = br.readLine(); System.out.print ("Masukan Email : "); email = br.readLine(); System.out.print ("Masukan No HP : "); no_hp = br.readLine(); System.out.println ("\n\nNIM anda = " +NIM); System.out.println ("Nama anda = " +nama); System.out.println ("Alamat badan anda = " +alamat); System.out.println ("Email badan anda = " +email); System.out.println ("No HP badan anda = " +no_hp); } }
Hasil Running
Latihan_02
import java.io.BufferedReader; import java.io.IOException; import java.io.InputStreamReader; import javax.swing.JOptionPane; public class Latihan_02 { public static void main (String[] args) throws IOException{ BufferedReader br= new BufferedReader (new InputStreamReader (System.in)); String NIM; String nama; String alamat; String email; String no_hp; NIM = JOptionPane.showInputDialog ("Inputkan NIM"); nama = JOptionPane.showInputDialog ("Inputkan Nama"); alamat = JOptionPane.showInputDialog ("Inputkan Alamat"); email = JOptionPane.showInputDialog ("Inputkan Email"); no_hp = JOptionPane.showInputDialog ("Inputkan NO HP"); System.out.println ("\n\nNIM anda = " +NIM); System.out.println ("Nama anda = " +nama); System.out.println ("Alamat badan anda = " +alamat); System.out.println ("Email badan anda = " +email); System.out.println ("No HP badan anda = " +no_hp); } }
Hasil running
DAFTAR PUSTAKA
www.dcc-dp.org/berita25-Sejarah-Netbeans.html
www.naturalilmu.wordpress.com/2011/12/04/apa-itu-netbeans/
Buku Modul Praktikum Bahasa Pemrograman 1 Java
0 Response to "Pengenalan Java"
Post a Comment